Training Lembaga Mahasiswa Terpadu 2013, Diadakan di Luar Kampus. Reviewed by Momizat on . (Semarang – 1 April 2013) Bertempat di Balai Diklat Keagamaan Semarang yang berlokasi di Jalan Temugiring Banyumanik, TLMT (Training Lembaga Mahasiswa Terpadu) (Semarang – 1 April 2013) Bertempat di Balai Diklat Keagamaan Semarang yang berlokasi di Jalan Temugiring Banyumanik, TLMT (Training Lembaga Mahasiswa Terpadu) Rating: 0
You Are Here: Home » Featured » Training Lembaga Mahasiswa Terpadu 2013, Diadakan di Luar Kampus.

Training Lembaga Mahasiswa Terpadu 2013, Diadakan di Luar Kampus.

IMG_20130331_105430(Semarang – 1 April 2013) Bertempat di Balai Diklat Keagamaan Semarang yang berlokasi di Jalan Temugiring Banyumanik, TLMT (Training Lembaga Mahasiswa Terpadu) tahun ini diadakan. Acara yang diselenggarakan oleh Departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) BEM FT tersebut berjalan selama dua hari, Sabtu 30 Maret hingga Minggu 31 Maret 2013.

Hari Sabtu (30/3) acara dibuka secara resmi oleh MC karena Bapak Abdullah selaku PD III berhalangan hadir. Acara kemudian dilanjutkan dengan materi dan diskusi di aula Balai Diklat Keagamaan Semarang. Bagus selaku ketua panitia menjelaskan, “Tahun ini kami adakan di luar kampus karena kami dari panitia tidak mendapatkan tempat di dalam, sudah full, terus kenapa nginep itu selain fasilitasnya memadai juga untuk mengurangi jam ngaret.”

Dari keseluruhan 98 peserta yang terdaftar, tidak semuanya hadir. Para peserta menginap di komplek Balai Diklat Keagamaan Semarang. “Kami dari panitia menyediakan kuaota sebanyak 5 orang untuk masing – masing Biro dan HMJ, namun yang didelegasikan hanya 3- 4 orang,” ujar Bagus Upaya. Meskipun belum memenuhi kuota, masing – masing HMJ dan Biro yang berada di Fakultas Teknik mengirimkan delegasinya.

TLMT merupakan proker tahunan PSDM, bertujuan untuk menyinergikan antara lembaga – lembaga yang ada di Fakultas Teknik. Untuk tahun ini lebih ditekankan pada sosialisasi sistem baru dalam keorganisasian serta sharing antar lembaga. Seperti sosialisasi penerapan MDS (Management Development System) dan SOP (Standard Operating Procedures) baru.

Bagus Upaya menuturkan bahwa hari kedua berbeda dengan kemarin. “Hari ke dua ini kami bagi menjadi tiga kelas diantaranya Kelas Kahim (Ketua Himpunan) dan Litbang (Penelitian dan Pengembangan), Kelas Sekretaris dan Bendahara, serta Kelas  PSDM,” katanya. Pada masing-masing kelas diadakan diskusi dan saling tukar pandangan mengenai permasalahan yang timbul di HMJ-nya untuk mendapatkan solusi yang tepat bagi setiap masalah serta mengkritisi sistem baru yang akan diterapkan. “Didalam kelas tadi kami sharing masalah kaderisasi di HMJ dan ditemukan masalah yang sama, yaitu dengan aturan yang dibuat oleh birokrasi, solusinya adalah melakukan lobiying ke birokrasi secara intensif,” ujar Abid Kepala Bidang 1 Kaderisasi Teknik Mesin 2013 saat mengikuti kelas PSDM.

Tidak lupa materi tentang kecintaan terhadap almamater dipersembahkan di penghujung acara dengan pembicara Mendagri BEM KM Undip 2011. Beliau merupakan pencetus gerakan Aku Cinta Undip. Saat mas Aan menanyakan kapan Undip lahir? Tanggal berapa? Tahun berapa? Sontak peserta TLMT terdiam. Aula yang semula ramai untuk berdiskusi tiba-tiba sunyi. Suasana kembali mencair setelah mas Aan mengatakan “Undip lahir pada tanggal 9 Januari 1957. Ini merupakan hal kecil dan mungkin tidak penting bagi sebagian mahasiswa, tatapi apabila kita ditanya orang lain dan tidak tahu kapan Undip berdiri betapa malunya.”

Seorang mahasiswa D3 Teknik Kimia bertanya, “Bagaimana bisa kami mencintai Undip, Undip aja ga cinta sama kita melihat keadaan kami di D3?” Kemudian Mas Aan menjawab, “Untuk masalah infrastruktur itu memang hal yang sulit sejak saya masih di BEM KM, saya mengadakan sarasehan dimana disitu ada pak PR III dan pihak birokrasi yang lain, kemudian kita undang seluruh mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasinya sehingga dari pihak birokarsi dapat mendenganr langsung suara mahasiswa.” (NDP)

Leave a Comment

Copyright © 2013 Momentum - Pers Mahasiswa Teknik Undip, All Rights Reserved

Scroll to top